Minggu, 08 April 2012

MISTERI KAKI KIRI ANTONIO VALENCIA


Kaki Kiri Antonio Valencia


oleh : Pangeran Siahaan

Ada banyak misteri yang belum terpecahkan di dunia ini: Siapa yang membangun Stone Henge? Apa yang terjadi pada Federico Garcia Lorca? Benarkah Segitiga Bermuda adalah pangkalan alien? Siapa yang mengotaki pembunuhan John F. Kennedy? Di manakah jenazah Amelia Earhart? Apakah El Dorado benar-benar ada?

Untuk melengkapi berbagai pertanyaan tanpa jawaban di atas, Anda bisa menambahkan pertanyaan, apa sebenarnya guna dari benda yang secara anatomis mirip dengan kaki kiri yang menempel pada pangkal paha Antonio Valencia?

Anda tak tahu apa fungsi dari kaki kiri Valencia dan saya bahkan tidak yakin kalau Valencia sadar bahwa ia memiliki kaki kiri. Valencia adalah pemain sepak bola paling mono-dimensional di dunia ini.

Ia seorang sayap kanan sejati yang lebih one-sided dari majalah-majalah keagamaan ekstrim yang menyebarkan hate speech. Anda bisa menaruh Sarah Palin, Jean Marie Le Pen, Tifatul Sembiring dalam ruangan yang sama dan mereka semua akan minder melihat betapa “kanan” seorang Antonio Valencia.

Valencia adalah kebalikan dari manuver bajaj di jalan raya yang tidak bisa ditebak. Orang bilang hanya Tuhan dan si supir bajaj yang tahu ke arah mana ia akan membelok karena ketiadaan lampu sein.

Sebaliknya, setiap Valencia menggiring bola mendekati kotak penalti, bek yang menjaganya, penonton yang menyaksikan, hingga Andrea Bocelli pun tahu ke arah mana Valencia akan bermanuver. Ia pasti menggiring bola ke arah luar karena kaki kirinya hanya sebuah formalitas. Hampir-hampir nir fungsi, mirip kotak pengaduan konstituen yang selalu diacuhkan.

Walaupun manuver Valencia di lapangan sama bisa ditebaknya dengan artis-artis Indonesia yang mendadak religius bila tertimpa skandal, tetap saja laju pemain asal Ekuador ini sulit ditebak. Setiap bek yang menjaga Valencia selalu terlihat seperti siswa di kelas yang terlambat mencerna pelajaran: selalu jatuh dalam kesalahan yang sama.

Valencia memang tidak segemerlap pemain asal Portugal yang posisinya di sayap kanan Manchester United ia gantikan. Valencia tidak mempunyai segudang tarian dengan bola, tapi ia adalah kereta cepat yang akan terus melaju tanpa transit. Hampir mustahil menghentikan Valencia dalam posisi berlari karena lajunya yang mirip antelop tak bisa dikejar.

Karena kecepatannya, maka bek lawan lebih suka untuk menunggunya mendekati kotak penalti sekaligus menjaga sisi luar agar Valencia tidak menggiring bola ke arah sana. Dalam banyak kesempatan hal ini sering kali sukses, tapi Valencia lebih keras kepala dengan bersikukuh untuk terus menggunakan kaki kanannya sekaligus membingungkan bek yang berpikir bahwa kondisi itu lebih baik untuk dimanfaatkan dengan kaki kiri.

Kaki kanan Valencia adalah organ otonom yang bisa melakukan apa saja yang ia mau, tidak seperti kaki kirinya yang dianaktirikan. Kaki kanan Valencia adalah Bawang Merah, kaki kirinya Bawang Putih. Anehnya, Valencia bukannya tak bisa menggunakan kaki kirinya. Dalam beberapa kesempatan langka ketika ia benar-benar terdesak, Valencia bisa mengoper dengan kaki kiri.

Maka dari itu, saya berkesimpulan Valencia seperti tak memercayai kaki kirinya. Entah apa yang sudah dilakukan kaki kiri Valencia terhadap dirinya di masa lalu. Mungkin kaki kirinya merebut pacar Valencia, atau mungkin kaki kirinya menghina ibu Valencia.

Bisa jadi kaki kirinya punya utang segudang yang belum dibayar atau kaki kirinya pernah ketahuan mencuri barang dari kaki kanannya. Entah, tapi saya tak mau menutup kemungkinan bahwa Valencia menyerap dengan saksama anjuran dari wali kota Depok untuk tidak makan nasi pada hari Selasa dan selalu menendang bola dengan kaki kanan.

Apa pun itu, kaki kanan Valencia adalah hal yang menakutkan bagi penjaga gawang, terlebih dari sudut-sudut sempit seperti yang ia tunjukkan saat melawan Blackburn Rovers kemarin. Perdebatan terjadi apakah Valencia benar-benar memaksudkan tendangan super kencang nan melengkung itu sebagai tembakan langsung ke gawang atau sekadar salah tendang yang berbuah manis. Tapi hanya penggemar teori konspirasi picisan yang kebanyakan waktu luang yang menghabiskan waktu untuk berpolemik demikian.

Kaki kanan Valencia telah menyumbang empat gol dan 12 assists musim ini – menyamai prestasi David Silva tapi dengan 700 menit bermain yang lebih sedikit. Tak diragukan lagi, kaki kanan Valencia adalah salah satu faktor menentukan dalam kiprah United musim ini.

Bila United merengkuh gelar juara liga ke-20 musim ini (dan rasanya akan segera terjadi dalam hitungan pekan), maka kaki kiri Valencia akan bergabung dengan Manchester City dan Liverpool dalam barisan kaum yang cemburu menyaksikan prestasi United.



http://www.beritasatu.com/blog/olahraga/1529-kaki-kiri-antonio-valencia.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar